Menpar Ajak Lihat GMT Bareng Jokowi Di Negeri Laskar Pelangi

Pariwisata  SELASA, 00 0 , 00:00:00 WIB

Menpar Ajak Lihat GMT Bareng Jokowi Di Negeri Laskar Pelangi

net

RMOL. Gerhana Matahari Total (GMT) 100 persen hanya melintas di 12 kota di Indonesia, salah satunya Belitung. Menpar Arief Yahya mengajak bagi warga Jakarta yang ingin melihat gerhana 100 persen total datang ke negeri Negeri Laskar Pelangi.


"Belitung itu tidak jauh-jauh amat, cuma 45 menit dari Jakarta. Silakan hadir ke Tanjung Kelayang Belitung, (melihat GMT) sambil menikmati pantai, dan aneka wisata bahari di sana,\" ajak Menpar Arief Yahya dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Senin (29/2).

GMT di Belitung bakal heboh. Bukan hanya karena ada Presiden Joko Widodo yang memilih Tanjung Kelayang sebagai lokasi menyaksikan fenomena alam itu. Tetapi juga ada musisi, koreografer dan novelis kaliber nasional yang turut mengemas acara yang langka itu.

Di Pulau Jawa termasuk Jakarta memang juga terjadi gerhana. Hanya saja, tidak bulat 100 persen, tetapi cuma 88,76 persen. Selain di Babel, GMT yang 100 persen melintas 11 kota lainnya, yakni di Sumbar, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Kalbar, Kalsel, Kateng, Kaltim, Sulbar, Sulteng dan Maltara.

Kepala Dinas Pariwisata Bangka Belitung, Tadjudin mengatakan bahwa wilayahnya mendapatkan kehormatan menikmati GMT bersama masyarakat dan wisatawan serta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Rencananya beliau hadir 9 Maret dan menyaksikan gerhana di Pantai Tanjung Kelayang,\" ujar Tadjudin.

Dalam rangka persiapan agenda menyambut Jokowi, khususnya untuk menginformasikan dan menghibur wisatawan dengan cara penguatan tata artistik, musik dan koreografi, pihaknya akan menggelar pargelaran kolosal \"Mendulang Timah" karya Andrea Herata.

"Nantinya ada musisi Dwiki Dharmawan dan koreografer Eko Pece Supriyanto dalam rangka acara Puncak GMT di Belitung. Acara ini akan dimulai setelah GMT lewat pada pukul 7, jadi sekitar pukul 9 pagi acara ini dimulai menghibur wisatawan dan pak Jokowi," ujarnya.

Karya ini sangat mengedepankan kearifan lokal. Pasalnya, sinopsi yang dikedepankan oleh acara ini adalah kegiatan asli masyarakat Belitung dan juga hasil karya seorang seniman yang membantu promosi Belitung di tanah air.

"Andrea Hirata termasuk orang yang berjasa mengangkat nama Belitung dengan karya filmya Laskar Pelangi, dan dia akan menampilkan keaslian masyarakat kami lewat seni kolosal nanti. Nantinya akan banyak tarian yang tubuhnya dilumuri timah. Sangat artisitik dan maha karya seni yang patut disaksikan," ujarnya.[dem]



Komentar Pembaca
Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

SABTU, 24 JUNI 2017 , 13:00:00

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

JUM'AT, 23 JUNI 2017 , 17:00:00

BPOM Kecolongan Melulu

BPOM Kecolongan Melulu

KAMIS, 22 JUNI 2017 , 17:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00