Menpar Terjun Langsung Tangani Sampah di Destinasi Pariwisata

Pariwisata  RABU, 10 MEI 2017 , 22:17:00 WIB

Menpar Terjun Langsung Tangani Sampah di Destinasi Pariwisata

Wonderful Indonesia

RMOL. Menteri Pariwisata menghadiri Rapat Pengarahan Program Pembersihan dan Pengamanan dalam rangka Kesiapan IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali bulan Oktober tahun 2018.

Rapat tersebut dipimpin langsung Menko Maritim, serta dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Gubernur Bali, Kapolda Bali, Jakpro pengelola sampah kota Surabaya untuk benchmarking waste management Bali, AP1, AirNav, pemerhati lingkungan, serta institusi terkait.

Menkomar setuju dengan pernyataan Menpar, bahwa bagi Indonesia, Pariwisata merupakan penyumbang PDB, devisa dan lapangan kerja yang paling mudah dan murah.

IMF-World Bank Annual Meeting yang direncanakan akan dihadiri 15.000-18.000 peserta dari seluruh dunia. Diharapkan bisa dijadikan sebagai momentum untuk memperbaiki Pariwisata Bali, seperti masalah sampah.

Menkomar sangat perhatian pada masalah sampah. Kalau tidak diselesaikan dengan segera akan berpotensi membuat generasi penerus mengalami cacat.

"Penanganan sampah di Bali, 3 kabupaten dan 1 walikota harus kompak dan tidak saling lempar tanggung jawab," ujarnya

Maka dari itu, Menkomar juga membawa Jakpro yang telah berhasil mengolah sampah kota Surabaya untuk dijadikan energi. "Praktik yang sama bisa diterapkan di Bali," tambahnya

Ide lain Menkomar adalah mengembangkan kawasan wisata sebagai tempat beroperasi sepeda motor listrik. Uji coba sudah dilakukan di Jakarta. Menhub pun mengamini ide ini, dengan pemilihan kawasan baru yang ikonik dengan hambatan yang tidak banyak. PLN juga harus mendukung sarana dan prasarananya. Ide ini jika berhasil akan dipromosikan pada IMF-WB Annual Meeting mendatang.

Menhub menyatakan tidak ada kata menunggu, harus sekarang! Menhub dan Gubernur Bali menegaskan minggu depan pembangunan Pelabuhan Benoa selesai.
"Untuk pelabuhan di Labuan Bajo ditetapkan hanya untuk marina. Logistic dipindahkan sehingga pelabuhan terlihat indah. Bandara Ngurah Rai akan ditingkatkan menjadi 35 movement per hour," pungkas Menhub[ary]



Komentar Pembaca
Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

20 Ribu Orang Bakal Ikuti Aksi Bela Palestina

20 Ribu Orang Bakal Ikuti Aksi Bela Palestina

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Soal Banjir, Anies Lebih Keren Dari Ahok

Soal Banjir, Anies Lebih Keren Dari Ahok

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 17:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00