Kearifan Baduy Melawan Korupsi

Pendidikan  RABU, 10 MEI 2017 , 22:30:00 WIB

Kearifan Baduy Melawan Korupsi

RMOL Banten

RMOL. Kantor Berita RMOLBanten.com bekerja sama dengan  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Jaringan Wartawan Anti Hoax (Jawarah), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), menggelar diskusi terbatas di Aula Kantor PWI Banten, Selasa (09/05).

Dalam rangka peluncuran RMOLBanten.com yang mengangkat tema Dengan Media Siber, "Kearifan Baduy Melawan Korupsi".

Hadir sebagai pemateri H.Khatib Mansur penulis buku "Kearifan Baduy Melawan Korupsi", Wahyudi dari Persatuan Advokat Indonesia serta para jurnalis dan mahasiswa.

Dikatakan H.Khatib Mansur, dirinya yakin Banten bisa terbebas dari Korupsi sebab belum lama ini Provinsi Banten sudah menandatangani fakta integritas yang ditanda tangani oleh seluruh instansi di Banten.

"Dimana pada fakta integritas tersebut menyatakan bahwa  Provinsi Banten menyadari untuk berbuat lebih baik, lebih manfaat dengan konsep integritas Banten, tidak ada lagi ketertutupan informasi," jelasnya.

Sementara saat ditanya keterkaitan kearifan Baduy Melawan Korupsi, H.Khatib Mansur menjelaskan, masyarakat adat Baduy  merupakan sebuah cermin integritas. Disamping ketaatan  terhadap adat leluhurnya, juga karena masyarakat Baduy memiliki sikap mental yang kuat.

"Mereka hidup ratusan tahun di hutan bisa bertahan bahkan menjadi kreatif dan santun. Sedangkan kita yang disebut modern justru lebih mementingkan diri sendiri dan tidak menghargai alam, bahkan kasus korupsi hampir merata. Secara moral, kita malu kepada waga Baduy," tutupnya.

Dituturkan Khatib, masyarakat adat Baduy hidup dalam ketaatan terhadap hukum adat yang berpusat di Cibeo, Cikeusik dan Cikartawana. Artefak atau benda bersejarah yang masih bertahan sejak ratusan tahun hingga saat ini antara lain, masih kokohnya simbol lingkaran yang ada di setiap atap rumah adat baduy pedalaman, yang memiliki makna filosofi konsisten terhadap hukum ada yang sudah digariskan Puun (pimpinan adat) secara turun-temurun. [kie]



Komentar Pembaca
Deddy Mizwar Kepingin Dipinang PDIP

Deddy Mizwar Kepingin Dipinang PDIP

SENIN, 16 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 21:00:00

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 17:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 14:40:00