RMOL Banten Diluncurkan Bersamaan Deklarasi Jawarah

Nusantara  RABU, 10 MEI 2017 , 22:37:00 WIB

RMOL Banten Diluncurkan Bersamaan Deklarasi Jawarah

RMOL Banten

RMOL. Malam ini, Kantor Berita RMOL Banten (rmolbanten.com) diluncurkan dalam sebuah acara meriah yang digelar di Hotel Le Dian, Kota Serang.

Peluncurannya berbarengan dengan deklarasi Jaringan Wartawan dan Masyarakat Anti Hoax (Jawarah) Provinsi Banten.

Acara berlangsung meriah. Di sela-selanya sekaligus dilakukan pembagian hadiah lomba baca puisi dan marawis yang sebelumnya digelar oleh Manajemen RMOL Banten.

Dalam sambutannya, Direktur RMOL Banten Firdaus, menerangkan, media online semestinya menjadi alternatif masyarakat untuk mendapatkan informasi yang sehat. Sayangnya, media online di Indonesia dipenuhi oleh hoax.

Karena itu, lanjut dia, terbentuklah Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai lembaga yang mengedepankan informasi yang valid.

"Banyak masyarakat yang mengangap media online itu bukan media. Sedangkan di masa yang akan datang, media online itu merupakan media alternatif yang tidak bisa dihindari dan penghantar revolusi informasi," imbuh Firdaus, Rabu malam (10/5).

Menurutnya, ketika revolusi informasi tidak diantisipasi maka bangsa ini akan menjadi negara yang tidak punya nilai.

Sementara, Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Teguh Santosa, menyebut, media massa adalah "alat perang" yang paling canggih.

"Media massa, pers, adalah senjata perang paling hebat yang pernah diciptakan," ujarnya saat memberi kata sambutan pada peluncuran RMOL Banten dan deklarasi Jawarah.

Teguh menambahkan, kekuatan atau power media massa jauh lebih hebat daripada rudal atau senjata sejenis. Sebab, media massa menyerang sistem kepercayaan, paradigma, dan penggiringan opini.

"Untuk itulah sangat diharapkan insan media massa memberikan sumbangsih positifnya untuk kemajuan bangsa dan negara," ujarnya.

Terkait Jawarah, Teguh mendorong semua kalangan melibatkan diri dalam jaringan itu. Dikatakannya, Jawarah adalah wadah yang bisa memverifikasi informasi. Dengan Jawarah, kata dia, masyarakat akan bisa menangkal hoax atau informasi bohong.

"Sekali lagi, informasi atau berita bisa sangat berpengaruh baik secara politik, hukum, atau sosial. Dengan Jawarah kita ingin memastikan informasi atau berita yang diterima masyarakat benar adanya," ujar Teguh. [ald]

Komentar Pembaca
Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

SABTU, 24 JUNI 2017 , 13:00:00

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

JUM'AT, 23 JUNI 2017 , 17:00:00

BPOM Kecolongan Melulu

BPOM Kecolongan Melulu

KAMIS, 22 JUNI 2017 , 17:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00