Subuh Buta, Lisda Rawdha Jenguk Iron-Pemuda Berpenyakit Langka

Kabupaten Agam  SABTU, 17 JUNI 2017 , 20:49:00 WIB

Subuh Buta, Lisda Rawdha Jenguk Iron-Pemuda Berpenyakit Langka

Foto/RMOL Sumbar

RMOL. Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Lisda Rawdha menyambangi rumah Iron (19) di Sungai Tunu, Linggo Sari Baganti, Pessel, Sumatera Barat, Jumat (17/6).

Iron adalah penderita penyakit langka sejak kecil. Di sekujur tubuh pemuda tersebut tumbuh bintik-bintik dan benjolan berwarna hitam. Kondisi tersebut bertambah parah setelah sejak 2012 lalu.

Kisah Iron menjadi viral ketika salah satu media memuat derita yang dialami Iron selama bertahun-tahun. Masyarakat iba melihat kondisi pemuda yang hidup di bawah garis kemiskinan itu. Ditambah lagi, Iron telah menjadi yatim sejak umur empat tahun.

Lisda pun terketuk hatinya untuk membantu pemuda malang tersebut. Subuh buta, Istri Bupati Pessel Hendrajoni tersebut berangkat dari kediaman resminya di Painan menuju tempat tinggal Iron yang memakan waktu sekitar dua jam.

Rasa kantuk dan lelah yang menerpa karena habis melakukan kegiatan yang teramat padat pada sehari sebelumnya dilawan Lisda. Kedatangan istri orang nomor satu di Pessel itu disambut tangis haru keluarga.

Tetangga Iron pun tak kuasa meneteskan air mata karena tidak pernah menyangka akan dikunjungi oleh istri pejabat yang memang sangat ramah kepada rakyat.

Rasa lelah yang hinggap di tubuh Lisda hilang seketika melihat sambutan warga menanti kedatangannya dan turut prihatin atas kondisi Iron selama ini.

Lisda pun terbawa perasaan menyaksikan derita yang dialami oleh keluarga miskin ini yang tidak henti-hentinya mengalami cobaan.

Mantan pramugari presiden itu tidak sendiri, pengusus dan kader Partai Gerindra ikut menawarkan bantuan mobil ambulan gratis untuk mengantarkan Iron ke RSUD Painan.

Kepada RMOL Sumbar, Lisda menuturkan bahwa Iron telah dijamin oleh Jamkesmas dan Jamkesda. Namun yang memberatkan bagi keluarga ini adalah biaya untuk menunggu Iron selama dirawat di rumah sakit.

"Nah, ini yang perlu kita carikan solusinya segera karena keluarga ini kurang mampu. Teman-teman nanti mungkin akan melakukan penggalangan dana. Sedikit-sedikit insyaAllah akan teratasi," ucap pelantun tembang religi tersebut.

Lisda pun berjanji akan terus membantu Iron dan keluarganya. Saat ini dia sedang berkoordinasi dengan pihak terkait agar ikut mencarikan solusi untuk pengobatan pemuda tersebut.

"Mudah-mudahan ada solusinya untuk kebaikan anak kita ini dan keluarganya karena memang tanggung jawab kita semua," demikian Lisda Rawdha. [rus]

Komentar Pembaca
Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

SABTU, 24 JUNI 2017 , 13:00:00

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

JUM'AT, 23 JUNI 2017 , 17:00:00

BPOM Kecolongan Melulu

BPOM Kecolongan Melulu

KAMIS, 22 JUNI 2017 , 17:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00