Pertanahan di Sumbar Masih Hal yang Menakutkan Bagi Investor

Daerah  KAMIS, 10 AGUSTUS 2017 , 10:44:00 WIB | LAPORAN: PETRI

Pertanahan di Sumbar Masih Hal yang Menakutkan Bagi Investor

Irwan Prayitno/Net

RMOL. Persoalan tanah masih menjadi momok yang nyaris selalu terjadi di Sumatera Barat (Sumbar). Akibatnya, menyurutkan niat para Investor untuk berinvestasi.

"Meraka belum banyak yang serius. Kalau sungguh-sungguh kami akan bantu apa yang mereka butuhkan, hingga ke soal perizinan,"  ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai Sosialisasi Forum Investasi Sumbar di Aula Pangeran Beach Hotel, Padang, Rabu (9/8).

Dijelaskan Irwan Prayitno, kami akan memberi jaminan bagi setiap calon investor yang betul-betul mau berinvestasi, terkait persoalan tanah hingga persoalan izin. Saat ini investor yang datang ke Sumbar hanya baru sebatas nanya-nanya saja, lalu pergi.

"Masih banyak pembangunan yang terbengkalai disebabkan tidak jelasnya status keberadaan lahan, itu sering terjadi. Itu yang ingin kami benahi, bagaimana bisa kepala daerah memberi pemahaman masyarakat, jika perlu bupati wali kota turun langsung untuk pembebasan lahan," kata Irwan.

Selain itu, kata Irwan untuk merebut peluang investasi di Sumbar perlu kesamaan persepsi, saling bersinergi dan butuh faktor pendukung. Misalnya, saat ini setiap daerah harus punya semangat untuk memajukan sektor pariwisata. Namun, jika tidak dibarengi dengan fasilitas kemudahan, tentu juga tidak akan mendatangkan apa-apa.

"Potensi alam kita banyak dan bagus. Kalau mau didatangi investor, masalah-masalah tadi harus dibereskan. Sehingga, saat investor berminat, mereka tidak lagi mengurus masalah kecil yang seharusnya selesai oleh Pemerintah Daerah," ujar Irwan.

Ditambahkannya potensi di Sumbar ada pada setiap lini, mulai dari potensi pariwisata, danau, laut dan sebagainya. "Tinggal bagaimana kita menciptakan iklim investasi nyaman. Dan sekali lagi, sungguh-sungguh," pungkasnya, [pet]

Komentar Pembaca
Prabowo Puji Mahasiswa UBK

Prabowo Puji Mahasiswa UBK

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 21:00:00

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

PDIP Sedih Dengan Doa Tifatul

PDIP Sedih Dengan Doa Tifatul

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 14:40:00