Ide SBY Buat TYI Terinspirasi Dari Bush Institute

Politik  JUM'AT, 11 AGUSTUS 2017 , 12:30:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Ide SBY Buat TYI Terinspirasi Dari Bush Institute

Susilo Bambang Yudhoyono/Net

RMOL. Gagasan untuk mendirikan The Yudhoyono Institute (TYI) muncul sebelum presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono mengakhiri jabatannya. Jadi bukan tiba-tiba ada.

Chif Communication Officer The Yudhoyono Institute Ni Luh Putu Caosa Indryani bercerita, saat itu dirinya diminta untuk melakukan riset mengenai lembaga yang didirikan Presiden Amerika Serikat ke-43 George Walker Bush bernama George W Bush institute. Menurut Ni Luh butuh waktu dua tahun untuk meneliti tujuan dari Bush Institut dan dikembangkan menjadi TYI.

"Jadi TYI ini ide dari Presiden SBY sebelum turun. Bahkan sebelum Mas Agus berhenti dari militer, ide ini sudah ada," ujar Ni Luh saat ditemui seusai peresmian TYI di Ballroom Djakarta Theater, Kamis (10/8) malam, seprti dilansir Kantor Berita RMOL.

Lebih lanjut Ni Luh menilai, meski chairman dari TYI adalah Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, namun pembentukan TYI jauh dari bayang-bayang Partai Demokrat. Lembaga yang baru diresmikan ini juga bukan sayap partai Demokrat. Namun demikian, Ni Luh tak membantah jika Politik menjadi salah satu bagian dari riset serta kajian yang akan dikembangkan oleh TYI selain ekonomi dan keamanan.

"Ini tidak ada kaitannya dengan Partai Demokrat, jadi berbeda hubungan dengan Partai Demokrat. Kami pisah dari Partai Demokrat, TYI lembaga Independen, tidak terlibat dalam politik praktis," ujar Ni Luh

Saat disinggung mengenai warna merah marun yang dipilih sebagai dasar almamater TYI, Ni Luh menilai pemilihan warna merah marun dengan garis hitam sebagai penguat sisi almamater merupakan perpaduan antara warna merah dalam TYI seperti huruf "Y".

Menurutnya, tidak ada alasan tersendiri mengenai pemilihan warna tersebut, sebab, keseluruhan disain almamater tersebut merupakan karya dari Direktur Utama TYI Agus Harimurti Yudhoyono yang memiliki sisi kreatif. Saat Pilkada DKI Jakarta Februari lalu, sambung Ni Luh, Agus juga mendisain sendiri baju kampanyenya.

"Mas Agus punya sense of art, jadi nggak ada alasan khusus, karena lambangnya saja merah marun," pungkas Ni Luh.[pet]

Komentar Pembaca
Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

20 Ribu Orang Bakal Ikuti Aksi Bela Palestina

20 Ribu Orang Bakal Ikuti Aksi Bela Palestina

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Soal Banjir, Anies Lebih Keren Dari Ahok

Soal Banjir, Anies Lebih Keren Dari Ahok

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 17:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00