Usaha Masyarakat Dalam Memanfaatkan Teknologi Tepat Guna (TTG)

Kabupaten Pasaman  JUM'AT, 11 AGUSTUS 2017 , 18:17:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Usaha Masyarakat Dalam Memanfaatkan Teknologi Tepat Guna (TTG)

Foto: RMOL Sumbar

RMOL. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman bekerjasama dengan Institut Teknologi Padang (ITP) memberikan pelatihan dalam memanfaatkan Teknologi Tepat Guna (TTG) guna meningkatkan usaha masyarakat dalam hal ini pengolahan pohon aren menjadi bermacam produk diantaranya gula cetak aren, sirup aren dan gula aren yang lebih dikenal sebagai gula semut.

Turut hadir dalam memberikan pelatihan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman M. Ikhsan yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut yang berlangsung hampir seminggu; juga turut hadir Kepala Bidang TTG dinas pemberdayaan masyarakat, Asril; dan Dosen Institut Teknologi Padang (ITP) Aswir Premadi sebagai salah seorang Narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Pelatihan usaha masyarakat dalam memanfaatkan TTG ini diikuti oleh 30 peserta, yang semuanya berasal dari perwakilan kelompok petani yang tersebar di Kabupaten Pasaman.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasaman, M. Ikhsan, disampaikan soal pentingnya penerapan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sehingga dengan mengunakan teknologi tepat guna masyarakat dapat meningkatkan produksinya", kata M. Ikhsan

Dalam kesempatan yang sama, Aswir Premadi juga menambahkan bahwa pelatihan ini merupakan juga bagian dari usaha perguruan tinggi khususnya ITP dalam mengaplikasikan hasil penelitian sehingga dapat langsung bermanfaat di masyarakat terutama dalam pengolahan gula aren sehingga menjadi nilai ekonomis yang tinggi

"Untuk itu, setelah pelatihan ini diharapkan petani aren di Pasaman dapat meningkatkan produksinya sehingga dapat dipasarkan bukannya hanya untuk di Pasaman saja tapi dapat menembus pasar Nasional maupun Internasional, untuk itu peran instansi terkait perlu untuk mendorong sehingga Kabupaten Pasaman dapat menjadi salah satu sentra produksi Aren di Indonesia". pungkasnya [pet]

Komentar Pembaca
Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

20 Ribu Orang Bakal Ikuti Aksi Bela Palestina

20 Ribu Orang Bakal Ikuti Aksi Bela Palestina

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Soal Banjir, Anies Lebih Keren Dari Ahok

Soal Banjir, Anies Lebih Keren Dari Ahok

KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 17:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00