Sebanyak 3 Juta Pelajar Sudah Cairkan Bantuan PIP

Nusantara  JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 08:38:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Sebanyak 3 Juta Pelajar Sudah Cairkan Bantuan PIP

RMOL

RMOL. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat sebanyak tiga juta pelajar tingkat SMP sudah dapat mencairkan bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP).

"Ada 4,3 juta pelajar SMP yang menjadi sasaran PIP di seluruh Indonesia. Sebanyak tiga juta pelajar sudah bisa mencairkan dana PIP," kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud Supriano dalam keterangannya, Jumat (25/8), seperti dilansir Kantor Berita RMOL.

Dalam sosialisasi dan percepatan pencairan PIP di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu, Kamis (24/8), dia mengatakan bahwa dana tersebut sudah disalurkan ke rekening tabungan masing-masing pelajar.

Kemendikbud menggandeng Bank BRI yang menyediakan buku tabungan dan rekening para pelajar.

"Hari ini pembagian buku tabungan dan langsung bisa dicairkan atau ditarik oleh para pelajar," kata Supriano.

Dia pun mengingatkan para pelajar dan orang tua dapat memanfaatkan dana PIP sesuai peruntukkannya, yakni mendukung pembiayaan pendidikan. Termasuk pihak sekolah memiliki peran penting untuk mengawasi penggunaan dana, sehingga pendidikan pelajar penerima PIP tidak mengalami kendala.

"Kami targetkan seluruh anak sudah bisa menarik dana ini paling lama pada September nanti," ujar Supriano.

Asisten Manajer Bisnis Mikro BRI Bengkulu Maman Suhendarman menambahkan, buku tabungan langsung dibagikan kepada seluruh pelajar penerima PIP di Bengkulu.

"Dengan sistem ini mereka punya buku tabungan di bank dan bisa dimanfaatkan untuk menabung. Jadi tidak hanya media pencairan dana," jelanya.

Pemerintah merancang PIP untuk pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin dan rentan, atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk tingkat SMP, setiap siswa mendapat bantuan tunai pendidikan sebesar Rp 750.000 per tahun. [pet]  

Komentar Pembaca
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00