Hakim ZZ Diduga Jadi Kurir Uang Jatah Dewi Suryana

Hukum  SABTU, 09 SEPTEMBER 2017 , 09:27:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Hakim ZZ Diduga Jadi Kurir Uang Jatah Dewi Suryana

Nurisah/RMOL Bengkulu

RMOL. Fakta baru terungkap pasca operasi tangkap tangan terhadap Hakim Pengadilan Negeri Tipikor, Dewi Suryana, dan Panitera Pengganti, Hendra Kurniawan, pada Rabu malam (6/9).

Nurisah, mertua dari hakim Dewi, memberi pengakuan soal dugaan keterlibatan hakim berinisial ZZ sebagai kurir uang "jatah" vonis terhadap Wilson.

Dewi dan Hendra diduga menerima suap dengan kesepakatan sebesar Rp 125 juta dari Syuhadatul. Tujuannya agar Pengadilan Tipikor Bengkulu meringankan hukuman terhadap Wilson yang menjadi terdakwa perkara korupsi kegiatan rutin pada DPPKAD Kota Bengkulu tahun 2013.

Saat disambangi oleh jurnalis di kediamannya kemarin, Nurisah yang didampingi anak-anak Dewi Suryana menceritakan sedikit kejadian sebelum malam OTT yang menjerat menantunya.

Menurutnya, Hakim ZZ datang ke rumah Dewi Suryana pada Rabu siang (6/9) untuk mengantarkan sesuatu yang disebutnya titipan.

"Hari Rabu siang tu dia datang kesini. Katanya mengantarkan titipan untuk Suryana. Kemudian hakim ZZ mengeluarkan bungkusan yang berbalut kantong plastik berwarna hitam dari dalam tas ranselnya. Dia bilang itu titipan untuk Suryana," ungkap Nurisah.

Kedatangan hakim ZZ ke rumahnya tidak berlangsung lama. Saat berkunjung, hakim ZZ hanya mengambil kabel charger handphone miliknya sekaligus memberikan titipan untuk hakim Tipikor yang sudah menyandang status tersangka itu.

"Tidak lama, hanya sebentar. Katanya mau ambil kabel cas handphone sekalian antar titipan untuk Suryana, terus langsung pergi," tuturnya.

Pihak keluarga tidak menduga bungkusan hitam yang dititipkan oleh hakim ZZ untuk hakim Suryana adalah uang "jatah" sejumlah Rp 40 juta.

Dari pengumpulan informasi oleh RMOL Bengkulu, hakim ZZ merupakan Hakim Karir di Pengadilan Negeri Bengkulu yang bernama lengkap Zeni Zelani Mutaqin.

Hingga saat ini belum ada keterangan yang memastikan atau menjelaskan Zeni Zelani Mutaqin diperiksa oleh penyidik KPK terkait dugaan perannya sebagai pengantar uang. [pet]


Komentar Pembaca
Waspada, Gas 12 Kg Suntikan!

Waspada, Gas 12 Kg Suntikan!

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

Golkar Resmi Utus Nurul Arifin

Golkar Resmi Utus Nurul Arifin

RABU, 20 SEPTEMBER 2017 , 17:00:00

Menteri PUPR Bersihkan Danau Rawa Pening

Menteri PUPR Bersihkan Danau Rawa Pening

SABTU, 16 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 14:40:00