FKSS Terus Melakukan Persiapan Jelang Kedatangan Tim Verifikasi

Kabupaten Solok Selatan  SABTU, 09 SEPTEMBER 2017 , 10:18:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

RMOL. Dalam rangka peninjauan lapangan data Kabupaten Sehat, tim-tim pembina, teknis dan Tim Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Solok Selatan (Solsel) melakukan berbagai persiapan dan pembenahan data.

Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Solsel (FKSS) Abdul Haris, saat ini pihaknya tengah melengkapi data-data yang masih kurang dan data yang dapat menjadi faktor pendukung untuk tinjauan Tim Pusat yang didampingi nantinya Tim dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kunjungan tim verifikasi data FKSS ke Solsel direncanakan, pada Senin, (11/9).

"Tim akan diupayakan untuk menginap di Home Stay, tepatnya di Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang. Tujuan penempatan tim di kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang, selain untuk memperkenalkan potensi wisata Solsel dengan menginap di rumah gadang. Tim juga akan dapat melihat langsung Nagari Koto Baru, yang juara harapan I, Pakarti Madya lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Pusat, pada tahun 2015 lalu," ujar Abdul Haris.

Kata Abdul Haris, Bupati Solsel Muzni Zakaria dan Ketua TP PKK Solsel bakal menjamu tim dan rombongan malam harinya di rumah dinas bupati di Batang Lawe. Selanjutnya ekspos oleh Ketua FKKS Solsel dan Bupati Solsel di Wisma Umi Kalsum.

"Rangkaian kegiatan ini dapat dihadiri langsung seluruh Ketua dan anggota Forum dari Kecamatan, KPGD, Sungai Pagu, Pauh Duo dan Kecamatan Sangir. Bahkan kehadiran pimpinan OPD, Kepala Bidang di lingkungan Pemkab. Solsel juga tidak kala penting," ujar Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Solsel Abdul Haris tersebut.

Ketua FKKS Solsel Afrizal Amir juga menambahkan, peninjauan lapangan bagian dari data yang sudah disampaikan pada tim provinsi beberapa bulan lalu. Alhamdulillah, dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar hanya delapan kabupaten/kota yang lolos bahan dari Tingkat Pusat, salah satunya Solok Selatan.

"Hendaknya suka cita, kunjungan tim ini dapat diartikan sebagai semangat dan motivasi bagi OPD di lingkungan Pemkab Soslel bersama pengurus Forum untuk terus semangat membangun Solsel melalui lokus yang telah ditetapkan dalam kriteria Kabupaten/Kota Sehat," ujar Afrizal Amir.

"Ke depan hasil tinjauan lapangan ini, tentu sangat diharapkan mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat lewat penghargaan Swasti Saba Padapa yang akan diterima oleh Pemkab Solsel. Pasalnya dari dua kali keikutsertaan Solsel untuk kegiatan yang sama, belum pernah mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal ini tidak terlepas dari peran serta tim teknis dan tim pembina yang merupakan Pimpinan OPD dan Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Solsel," pungkasnya. [pet]

Komentar Pembaca
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00