Sebanyak 130.000 Siswa (RMP) Akan Dapatkan Dana Bantuan Pendidikan

Pendidikan  SELASA, 19 SEPTEMBER 2017 , 21:05:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Sebanyak 130.000 Siswa (RMP) Akan Dapatkan Dana Bantuan Pendidikan

Net

RMOL. Dinas Pendidikan Kota Bandung, selain memberikan bantuan kepada siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) di jenjang pendidikan SD dan SMP, tetapi juga jenjang SMA dan SMK, bahkan hingga tingkat strata satu (S1).

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Mia Rumiasari saat ditemui dalam kegiatan Forcus Grup Discussion (FGD) Penyusunan Peraturan Wali kota mengenai dana bantuan peserta Didik Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP), di Hotel Amarossa Jalan Aceh Bandung, Selasa (19/9).

Ia mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung, jumlah siswa RMP di Kota Bandung untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK tahun akademik 2017/2018 sebanyak 130.000 orang.

"Kami merumuskan ini agar, besaran biaya dan sasaran penerimanya tepat," katanya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Disinggung mengenai besaran anggaran Dinas Pendidikan Kota Bandung untuk bantuan layanan pendidikan bagi siswa RMP di tahun 2017/2018, Mia mengaku
untuk bantuan siswa RMP di sekolah berdasarkan usulan proposal pada tahun 2016 sekitar Rp.143 Miliyar. Jumlah tersebut sudah di salurkan dan sedang dikelola oleh masing-masing sekolah.

"Pemberian bantuan pun terbagi menjadi beberapa jenis anggaran, diantaranya untuk siswa RMP di sekolah negeri berupa alokasi program kegiatan sekolah, sedangkan swasta bersifat bantuan hibah yang diberikan kepada sekolah," tandasnya.

Untuk bantuan hibah itu, kata Mia diberikan berdasarkan usulan jumlah penerima dari masing-masing satuan pendidikan, karena diajukan oleh pihak sekolah swasta kepada Dinas Pendidikan melalui proposal satu tahun sebelumnya. Dengan kategori bantuan yaitu biaya personal, biaya investasi dan biaya operasional, khusus bagi siswa RMP berdasarkan jenjang pendidikannya.

"Biaya investasi hanya kami berikan kepada siswa dari mulai jenjang SMP dan hanya melekat kepada peserta didik di tahun pertama. Tapi untuk bantuan operasional dan personal diberikan kepada semua siswa RMP di jejang pendidikan," ujarnya.

Mia menjelaskan untuk jenis bantuan investasi jenjang SMP diberikan sebesar Rp. 3 Juta, sedangkan jenjang SMA/SMK sebesar Rp. 4 Juta per siswa RMP hanya di tahun pertama, dan untuk SD tidak mendapatkan bantuan tersebut.

Sementara itu, untuk jenis bantuan personal diberikan kepada siswa RMP di sekolah negeri dan swasta untuk jenjang SMA dengan besaran Rp. 2 Juta/siswa/tahun. tandasnya. [pet]


Komentar Pembaca
Titiek Soeharto Berpeluang Pimpin Golkar

Titiek Soeharto Berpeluang Pimpin Golkar

RABU, 13 DESEMBER 2017 , 15:00:00

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

JUM'AT, 01 DESEMBER 2017 , 15:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00