Kemendagri Akan Kembali Aktifkan Siskamling

Nusantara  KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 13:10:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Kemendagri Akan Kembali Aktifkan Siskamling

Ilustrasi/Net

RMOL. Melihat kondisi bangsa saat ini, pemerintah menilai perlu digalakan kembali gerakan sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Ini penting sebagai deteksi dini, pengawasan, pengontrolan dalam rangka menjaga stabilitas masyarakat di tingkat RT dan RW.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soedarmo usai membuka Rakoornas di Yogyakarta, Rabu (20/9). Soedarmo mengatakan dirinya sudah memproses untuk memberdayakan kembali masalah Siskamling.

"Ini namanya jaga warga, fungsinya untuk mengamankan wilayah kecilnya di tingkat lingkungannya. Ini perlu, karena selama ini tidak aktif, sehingga banyak kejadian-kejadian yang kita tidak tahu," kata Soedarmo, seperti dikutip Kantor Berita RMOL.

Dia mengatakan terjadinya suatu persoalan atau permasalahan adanya di daerah seperti RT, RW sampai wilayah desa. Siskamling ini nanti dibentuk kembali. Prosesnya nanti kepala desa yang akan membantu atau RT dan RW yang akan menunjuk.

"Ini kan namanya swakarsa, masyarakat disitu harus terlibat aktif untuk membantu sama-sama melakukan pengamanan keliling atau lingkungan," ujarnya.

Siskamling ini juga nantinya kata Soedarmo akan melibatkan Babinsa dan Kamtibnas, termasuk tokoh masyarakat untuk bersama-sama melakukan pemantauan, pengawasan terhadap daerah masing-masing.

"Di Jogja ini sudah dibentuk, padahal kita baru merancang bagaimana proses ini. Walaupun secara informal daerah juga terbentuk. Termasuk anggaraannya bagaimana, mungkin dari APBD ini yang belum kita proses," tegasnya.

Siskamling ini lanjut Soedarmo dinilai sangat efektif untuk menghalau gerakan-gerakan yang dinilai berbahaya. Karena ini sudah bisa dideteksi lebih awal. Karena dalam proses siskamling ini tentunya ada kewaspadaan.

"Saya kira ini efektif untuk melakukan deteksi terhadap perkembangan yang ada, baik itu masalah terorisme, perdagangan narkoba. Semuanya nanti bisa dipantau oleh kegiatan Siskamling ini," tandasnya seperti dilansir dari laman Kemendagri. [pet]

Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00