Indonesia's Attractiveness Award 2017

Tokoh  KAMIS, 05 OKTOBER 2017 , 09:57:00 WIB | OLEH: IRWAN PRAYITNO

Indonesia's Attractiveness Award 2017
PADA 29 September 2017 saya memenuhi undangan acara Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2017. Acara ini dilaksanakan oleh Tempo Media Group bekerja sama dengan Frontier Consulting Group. Pada acara ini Sumbar mendapat penghargaan sebagai salah satu Provinsi Terbaik.  Yaitu provinsi terbaik dan menarik dalam kemudahan berinvestasi, pelayanan publik, kepariwisataan dan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Pelaksanaan IAA kali ini memasuki tahun ketiga. Acara yang diadakan tahunan ini menilai pemerintah daerah, yaitu kota, kabupaten, dan provinsi dalam mengembangkan potensi daerah dan mengelola pembangunan ekonomi serta manfaatnya bisa dinikmati secara merata.

Untuk menghasilkan pemeringkatan dalam IAA, panitia menggunakan metodologi yang bersifat kuantitatif. Data-data sekunder dan primer disisir termasuk melakukan mystery calling, analisis digital dan media sosial. Ini dilakukan kepada 508 kabupaten/kota dan 34 provinsi. Data primer dikumpulkan sejak Mei hingga Juni 2017. Sementara pada awal 2016 dilakukan pengumpulan data sekunder.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah indikator utama yang masuk dalam penilaian.  Karena dengan besaran PDRB ini dan juga persentase kenaikannya setiap tahun memiliki hubungan erat dengan masuknya investasi, peningkatan lapangan kerja, penurunan pengangguran dan kemiskinan, serta meningkatnya pendapatan masyarakat dan juga konsumsi masyarakat.

IAA memotret hal demikian. Bahwa pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia ditentukan oleh sejauh mana pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah.  Semakin banyak investasi masuk ke suatu daerah akan  berpengaruh kepada lapangan pekerjaan, pendapatan daerah dan konsumsi masyarakat.

Investasi yang masuk ke daerah juga merupakan akibat adanya infrastruktur yang memadai sehingga investor merasakan kenyamanan dengan adanya jalan yang baik, penyediaan listrik, sarana komunikasi yang memadai. Alhamdulillah, roadshow kami ke luar negeri yang difasilitasi oleh pihak KBRI juga mendapat respon positif dari para calon investor.  

IAA juga memandang bahwa sektor pariwisata berperan besar dalam kemajuan daerah sehingga berpengaruh positif terhadap roda perekonomian di daerah tersebut. Dan juga turut disorot masalah pelayanan publik. Karena pelayanan publik yang baik akan tercermin kepada pertumbuhan ekonomi di masa mendatang.

Penghargaan dari IAA ini menurut catatan kami adalah yang ke-251 dari kumpulan penghargaan yang sempat kami rekapitulasi sejak tahun 2010 hingga 2017. Penghargaan ini melengkapi penghargaan lainnya yang pada dasarnya saling mendukung. Di antaranya adalah predikat WTP terhadap Laporan Keuangan Pemprov 5 tahun berturut-turut, Satyalencana Pembangunan Bidang Koperasi, Adhikarya Pangan Nusantara, Penghargaan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI, Penghargaan Provinsi Pelaksana Program Infrastruktur Terpadu, Satyalencana Pembangunan Bidang Pangan, Nirwasita Tantra, Satyalencana Bidang Kependudukan, Satyalencana Bidang Pangan, World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Culinary Destination.  

Seluruh penghargaan yang sudah dicapai ini pada dasarnya adalah untuk seluruh komponen masyarakat di Sumbar. Karena dengan partisipasi dan peran di bidang masing-masing telah membawa Sumbar kepada kemajuan yang bisa dinikmati bersama. Kerja keras aparat dan pemangku kepentingan terkait dalam mensukseskan program pembangunan yang tercermin dengan capaian kuantitatif maupun kualitatif telah berdampak kepada peningkatan taraf hidup masyarakat. Dan kemudian berdampak kepada peningkatan perekonomian, dan menjadi multiplier effect sehingga perlahan-lahan Sumbar yang madani dan sejahtera bisa diwujudkan.

Dan jika kita juga turut konsisten secara bersama-sama berperan di bidang masing-masing serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan serta menjaga dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan, bukan tidak mungkin akan semakin baik lagi kehidupan kita di Sumbar ke depannya.

Mengakhiri tulisan ini saya kutip sebuah ayat Alquran yang bisa menjadi bahan renungan bersama:  "Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka bekah dari langit dan bumi" (QS. Al A’raaf: 96). Semoga kita secara bersama-sama bisa mendapatkan apa yang dijanjikan Allah SWT ini. Aamiin. [***]

Penulis Adalah Gubernur Sumatera Barat


Komentar Pembaca
Investasi Energi Terbarukan

Investasi Energi Terbarukan

SELASA, 17 OKTOBER 2017

Ada Apa Dengan Ripparda ?

Ada Apa Dengan Ripparda ?

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017

Kelirumologi Pengkaprahan Istilah

Kelirumologi Pengkaprahan Istilah

RABU, 04 OKTOBER 2017

Penelusuran Aset TPPU Narkotika

Penelusuran Aset TPPU Narkotika

KAMIS, 28 SEPTEMBER 2017

Transaksi Non Tunai

Transaksi Non Tunai

RABU, 27 SEPTEMBER 2017

Kesehatan Keluarga

Kesehatan Keluarga

RABU, 20 SEPTEMBER 2017

Deddy Mizwar Kepingin Dipinang PDIP

Deddy Mizwar Kepingin Dipinang PDIP

SENIN, 16 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 21:00:00

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 17:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 14:40:00