Emma Yohanna: DPD RI Fasilitasi Penyelesaian Persoalan Danau Maninjau ke Pemerintah Pusat

Nusantara  MINGGU, 29 OKTOBER 2017 , 09:36:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Emma Yohanna: DPD RI Fasilitasi Penyelesaian Persoalan Danau Maninjau ke Pemerintah Pusat

Foto: RMOL Sumbar

RMOL. Senator Emma Yohanna mengatakan bahwa DPD RI mendorong agar persoalan Danau Maninjau dibicarakan secara serius antara pemerintah dengan pemerintah Kabupaten Agam.

"Maka untuk itu perlu adanya kejelasan soal kewenangan mengenai perawatan danau sehingga mampu mengurangi pencemaran danau dan sekaligus bisa menata ekonomi masyarakat yang berada di sekitar danau, maupun secara lebih luas," kata Emma Yohanna melalui pesan whatsappnya kepada RMOLSumbar, Sabtu (28/10) malam.

Kata Emma Yohanna, danau adalah sumber penghidupan masyarakat maka dari itu kami sangat setuju dan akan  memfasilitasi pertemuan pemerintah kabupaten Agam bertemu langsung dengan presiden atau wakil presiden.

"Mengenai waktu masih dikoordinasikan dengan pimpinan DPD RI," ujar Emma Yohanna yang juga merupakan Anggota DPD RI dari Sumatera Barat itu.

Menurut Emma Yohanna, DPD RI telah mengundang kepala  daerah yang wilayahnya memiliki  danau untuk menyampaikan persoalan-persoalan danau didaerah masing-masing, termasuk yang hadir wakil bupati Agam.

"Kami sudah meminta pemerintah daerah untuk  membuat publikasi dalam bentuk proposal terkait persoalan danau secara terperinci untuk disampaikan saat pertemuan dengan pemerintah," pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Agama Trinda Farhan Satria  mengatakan, bahwa danau Maninjau adalah warisan nan elok yang sekarang kondisinya sedang nelangsa. Sebab banyak permasalahan yang muncul, diantaranya rusaknya daerah tangkapan air, semakin tingginya level muka air danau, hilangnya ekosistem endemis dan masalah lainnya.

"Pemerintah daerah berharap agar DPD RI bisa menjadi jembatan antara kami Kabupaten Agam dengan Pemerintah Pusat, sehingga ada solusi penyelesaian masalah danau Maninjau" ungkap Trinda. [pet]

Komentar Pembaca
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00