Kerjasama Dengan Kemensos Pemkot Solok Launching Program E-Warong

Kota Solok  MINGGU, 29 OKTOBER 2017 , 10:07:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Kerjasama Dengan Kemensos Pemkot Solok Launching Program E-Warong

Foto: Humas Pemkot Solok

RMOL. Pemerintah Kota (Pemkot) Solok bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI dan Bank BRI cabang Solok melaunching program Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (Kube PKH) Tahun 2017, bertempat di e-waroeng Simpro Sejahtera, Telaga Biruhun, Jumat (27/10).

Launching yang dihadiri langsung Walikota Solok Zul Elfian; perwakilan Kementerian Sosial RI Afrizon Tanjung; Perwakilan BRI Cabang Solok Yandri Eka Putra; OPD terkait dan Camat, Lurah, RW, RT dan anggota KUBE serta masyarakat.

Guna meningkatkan dan mengembangkan kesejahteraan keluarga penerima manfaat bantuan sosial di Kota Solok, secara serentak akan beroperasi 3 (tiga) buah e-waroeng yang telah menerima bantuan dari Kementerian Sosial, yakni e-waroeng Simpro Sejahtera Kelurahan Simpang Rumbio dengan ketua Ibu Gusnawati, e-waroeng Maju Lancar Kelurahan Tanah Garam dengan ketua Ibuk Fitri Yanti dan e-warong Harapan Bersama di Kelurahan Nan Balimo yang diketuai Ibu Yora Arnida.

Kepala Dinas Sosial Rosavella, dalam laporannya menyampaikan bahwa e-waroeng berfungsi sebagai tempat menjual pangan murah berkualitas dan kebutuhan pokok rumah tangga, sebagai agen bank penyalur bantuan sosial non tunai; sebagai tempat pemasaran hasil produk Kube; dan sebagai tempat layanan Koperasi Simpan Pinjam.

"Untuk membentuk sebuah e-waroeng Kube PKH, harus membentuk Kube Jasa yang terdiri dari 10 orang anggota dan 1 orang penyelia yang bertugas melakukan pendampingan, serta memiliki tempat untuk mendirikan e-waroeng Kube PKH", terang Rosavella.

"Setiap e-waroeng akan dibantu sebanyak Rp 30 juta berasal dari Kementerian Sosial melalui APBN", tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Solok Zul Elfian dalam sambutannya mengatakan, fungsi e-waroeng bukanlah semata-mata untuk pihak kementerian bukan pula untuk dinas sosial, tetapi untuk masyarakat. Maka dari itu, semua pihak terkait harus ikut andil untuk membuat e-waroeng ini menjadi maju dan besar.

"Kita semua patut bersyukur atas bergulirnya program ini. Yang paling penting adalah kita harus bersungguh-sungguh agar warung ini menjadi besar," ujar Zul Elfian.

"Kata Zul Elfian, tentu kita berharap, melalui program ini ekonomi masyarakat yang termasuk kategori lemah akan dapat terbantu, dan jika bisa ekonomi masyarakat menjadi kuat, dengan sendirinya salah satu impian kita bersama mengurangi angka kemiskinan di Kota Solok dapat terwujud.

"Jika progress 2 (dua) e-waroeng yang lainnya bagus, kita akan membantu semuanya dengan sepeda motor untuk kegiatan operasional," pungkasnya. [pet]

Komentar Pembaca
Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

JUM'AT, 10 JULI 2020 , 21:30:00

Bergerak Serentak, Seruan Mahasiswa Batalkan OmnibusLaw
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

MINGGU, 05 JULI 2020 , 02:30:19

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00