Solok Selatan Cemas Tak Bisa Ikut TdS ke-9

Kabupaten Solok Selatan  SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:54:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Solok Selatan Cemas Tak Bisa Ikut TdS ke-9

Ilustras/Net

RMOL. Berbagai kendala jelang ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017 yang haya tinggal menghitung hari lagi masih ditemui di lapangan. Mulai dari jalan berlubang, tanggul jalan alias polisi tidur hingga rusaknya jalan akibat kegiatan tambang galian C.

Seperti halnya yang dirasakan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Sejak awal pelaksanaan TdS diumumkan, daerah pemekaran Kabupaten Solok masih saja khawatir tidak bisa dilewati pebalap TdS.

Bahkan, Bupati Solok Selatan sempat pesimis daerahnya masuk etape balap sepeda tahunan itu. Dan juga sampai hari ini, perbaikan jalur etape V dari Solok ke Solok Selatan belum tuntas sampai kini.

"Banyak pihak mendukung Solok Selatan bisa dilewati TdS 2017. Tapi, melihat kondisi jalan, tampaknya harapan itu percuma saja. Dari pantauan kami, dari arah Surian Kabupaten Solok hingga ke Solok Selatan masih banyak jalan yang berlubang," kata Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Solok Selatan Yolni Hendra, Selasa (7/11).

Kondisi tersebut telah disampaikan ke Balai Pengelolaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III saat rapat finalisasi rute TdS pada Selasa (31/10) di Hotel Mercure Padang. Secara lisan, pihak Balai PJN memastikan etape V menuju Solok Selatan akan selesai dikerjakan perbaikan jalannnya pada H-7 pelaksanaan TdS.

"Mudah-mudahan apa yang disampaikan pihak Balai jalan itu benar dan Solok Selatan betul-betul bisa masuk etape," harap Yolni.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, berdasarkan laporan yang dia terima persiapan jalan etape V yang melewati jalur Solok Selatan telah mencapai 80 persen. Nasrul juga meminta semua stakeholder terkait segera merampungkan ruas jalan yang masih tersisa.

"20 persen jalan yang masih belum memadai ini harus segera di selesaikan. Kami tahu, jalur Lubuk Selasih Kabupaten Solok menuju Solok Selatan ini memang jalur dengan tingkat kerusakan terparah selain di Kabupaten Sijunjung menuju Dharmasraya," kata Nasrul.

TdS tahun ini digelar mulai 18-26 November 2017. TdS ke-9 akan melalui sembilan etape dengan jarak tempuh sepanjang 1.200 Km. Etape 1 Tanah Datar-Padang, etape 2 Pesisir Selatan-Sawahlunto, dan etape 3 Sijunjung-Dharmasraya.

Kemudian, etape 4 Kabupaten Solok-Payakumbuh, etape 5 Kota Solok-Solok Selatan, dan etape 6 Kota Pariaman-Pasaman Barat. Selanjutnya, etape 7 Limapuluhkota-Padang Panjang, etape 8 Padang Pariaman-Agam, dan etape 9 Pasaman-Bukittinggi. [pet]


Komentar Pembaca
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00