Pemkot Solok Launching 158 Inovasi Pelayanan Publik di Setiap OPD dan Unit Kerja

Kota Solok  RABU, 15 NOVEMBER 2017 , 15:07:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Pemkot Solok  Launching 158 Inovasi Pelayanan Publik di Setiap OPD dan Unit Kerja

Foto: Pemkot Solok

RMOL. Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solok menggelar launching 158 inovasi pelayanan publik di setiap OPD dan unit kerja lingkup pemerintah daerah yang bertempat di Hotel Taufina, Senin (13/11).

Turut hadir dalam launching tersebut Wakil Walikota Solok Reinier; Wakil Ketua DPRD Irman Yefri Adang; Forkopimda; Ketua Pengadilan Negeri; LKAAM; Bundo Kanduang; Kepala Pusat Inovasi LAN Andi Taufik; serta seluruh Kepala OPD.

Dalam sambutannya Kepala Pusat Inovasi LAN Andi Taufik  mengucapkan selamat kepada Walikota Solok atas penghargaan Inagara Awards dari LAN pada tanggal 7 Agustus 2017 yang lalu.

"Ini sungguh prestasi yang luar biasa diraih oleh Kota Solok, Inagara Awards merupakan sebuah apresiasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) kepada pimpinan daerah yang memiliki komitmen yang tinggi dan luar biasa dalam mendorong inovasi daerah, dalam kurun waktu yang cukup cepat, Walikota sudah bergerak cepat bersama seluruh pimpinan OPD untuk menciptakan inovasi, dan hari ini kita akan me-launching 158 inovasi baru yang diciptakan oleh pemerintah Kota Solok, ini merupakan prestasi yang luar biasa dimiliki Kota Solok," ujar Andi.

Andi Taufik juga mengatakan, bahwa dengan adanya laboratorium inovasi yang dimiliki Kota Solok, menjadikan Kota Solok tempat destinasi baru, tidak hanya menjadi tempat wisata alam saja, akan tetapi menjadi tempat belajarnya inovasi.

Laboratorium Inovasi yang ada di Kota Solok ini, merupakan Laboratorium pertama yang ada di Sumatera Barat, dan yang kelima di Sumatera. Daerah ini akan menjadi destinasi baru, bukan hanya menjadi tempat melihat keindahan alam, akan tetapi juga tempat belajarnya inovasi” ujarnya.

Kata Andi Taufik untuk Ke depannya, gaya hidup ASN dituntut untuk kreatif dan inovatif. ASN diminta untuk mampu mencarikan solusi permasalahan organisasi secara kreatif dan melanjutkan sesuatu yang inovatif.

"Pelaksanaan launching ini merupakan instrumentasi kegiatan laboratorium inovasi, yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian pelaksanaan inovasi antara Kepala OPD dengan Walikota, agar tidak hanya dipandang sebagai formalitas tetapi karena adanya kesadaran atas kewajiban dalam melayani masyarakat. Terutama masyarakat Kota Solok," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Solok Zul Elfian sangat mengapresiasi kepada masing-masing OPD yang telah melakukan inovasi, karena telah membuktikan kinerja masinng-masing OPD.

"Saya sangat apresiasi kepada seluruh OPD yang dapat membuktikan kinerjanya," Ungkap Zul Elfian.

Zul Elfian juga mengungkapkan, masing-masing OPD diharapkan berani melakukan terobosan serta inovasi-inovasi baru, agar Kota Solok menjadi Kota yang bersih dan Indah. InsyaAllah kami konsisten dengan langkah inovasi.

"Untuk kedepannya, saya berharap masing-masing OPD berani melakukan terobosan, asal tidak bertentangan dengan peraturan, serta memunculkan inovasi-inovasi baru, agar Kota kita ini menjadi daerah yang bersih dan indah, sehingga orang menyesal kalau belum mengunjungi Kota Solok," tungkasnya. [pet]


Komentar Pembaca
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00