Sumbar Expo 2017

Tokoh  KAMIS, 16 NOVEMBER 2017 , 08:37:00 WIB | OLEH: IRWAN PRAYITNO

Sumbar Expo 2017

Irwan Prayitno/Net

PADA 9-12 November 2017 telah dilaksanakan kegiatan Sumbar Expo di kota Batam. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar. Kegiatan ini adalah kali keenam. Dan telah dilakukan sebelumnya di berbagai tempat, seperti Jakarta, Denpasar dan Bandung. Insya Allah untuk Sumbar Expo berikutnya akan diadakan di Makasar.  

Atas nama Pemprov Sumbar tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kepri dan Wali Kota Batam yang telah mendukung kegiatan ini. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Batam dan para perantau di sana yang telah mendukung berjalannya Sumbar Expo 2017 dengan lancar.

Sumbar Expo adalah salah satu usaha dari Pemprov Sumbar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Hal ini dilakukan guna menyiasati terbatasnya anggaran yang ada, baik APBN dan APBD.  Di Sumbar Expo dilakukan pemasaran produk asal Sumbar ke luar dan sekaligus dilakukan acara presentasi kepada investor  untuk mengajak investasi di Sumbar. Alhamdulillah, dari tahun ke tahun pelaksanaannya berjalan baik dan telah memberikan dampak positif bagi kemajuan Sumbar.

Pada Sumbar Expo kali ini, Pemprov Sumbar mempromosikan produk UMKM Sumbar di Batam.  Mereka adalah UMKM binaan dari kota dan kabupaten di Sumbar. Produk-produk mereka dipamerkan di stand-stand yang ada di lokasi Sumbar Expo.

Selain itu, Pemprov juga mempromosikan Pariwisata Sumbar yang sedang giat melakukan pembenahan. Terdapat potensi lebih dari 1 juta orang wisatawan di Batam yang dapat diajak untuk berkunjung ke Sumbar. Ada beberapa tempat yang menarik bagi wisatawan tersebut untuk mengunjungi Sumbar, karena ada perbedaan topografi sehingga destinasi wisata alam Sumbar cukup menjanjikan dan menarik untuk dikunjungi serta melengkapi kunjungan wisatawan tersebut.

Selain itu Pemprov Sumbar juga mengajak pelaku bisnis di Batam termasuk para perantau di Batam dan juga pelaku bisnis di Singapura untuk berinvestasi di Sumbar. Dalam rangka temu bisnis, juga telah dilakukan one on one meeting untuk memfasilitasi pertemuan para pebisnis. Selain itu juga ada presentasi dari Gubernur Sumbar, Bupati Padang Pariaman, Bupati Sijunjung, Wali Kota Sawahlunto, dan Sekda Pasaman Barat.  

Insya Allah pada tanggal 24 November 2017 akan dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bidang pangan dan pariwisata. Di bidang pangan, nantinya Sumbar akan memasok kebutuhan pangan seperti beras, cabe, bawang dan sayur-sayuran ke Batam. Hal ini akan menguntungkan kedua pihak, Sumbar dan Batam (Kepri).

Bagi Sumbar pengiriman komoditi ke Batam di saat ketersediaannya banyak akan menjaga harga komoditi tersebut dari kejatuhan harga sehingga petani terlindungi dari kejatuhan harga. Sedangkan bagi Batam sendiri, kiriman dari Sumbar akan turut mengamankan pasokan sehingga bisa mengurangi tingginya harga komoditi tersebut ketika dibeli masyarakat. Sedangkan di bidang pariwisata, nantinya Batam akan mempromosikan pariwisata Sumbar ke wisatawan yang datang ke Batam untuk menikmati destinasi wisata alam, seni dan budaya, serta kuliner Sumbar.
 
Pada Sumbar Expo 2017 ini, juga merupakan ajang silaturahmi. Baik antar pemerintah daerah maupun antar orang Minang, terutama mereka yang di rantau. Dengan silaturahmi ini turut mempererat hubungan antar pemerintah daerah dan juga pemerintah daerah yang ada di Sumbar dengan para perantau Minang.
 
Masih dalam rangka silaturahmi, pada Sumbar Expo 2017 ini juga dilakukan pertunjukan seni dan budaya Minang yang merupakan promosi seni dan budaya Minang kepada masyarakat di Batam. Hal ini disambut antusias oleh masyarakat di Batam dan juga para perantau. Pelaksanaan dilakukan selama Sumbar Expo 2017 berlangsung, 9-12 November 2017.

Semoga dengan pelaksanaan Sumbar Expo dari tahun ke tahun, turut memajukan UMKM di Sumbar dan juga semakin menarik investor datang ke Sumbar serta meningkatkan kunjungan wisatawan datang ke Sumbar. Khusus untuk pariwisata, harapan saya hal ini bisa berdampak langsung kepada masyarakat karena wisatawan datang ke lokasi wisata membawa uang.  Yang mereka butuhkan di antaranya adalah penginapan, transportasi, tempat belanja, oleh-oleh, cindera mata, kuliner. Dan semua itu bisa dilakukan oleh masyarakat, tentu dengan kemasan yang menarik dan pelayanan prima agar wisatawan yang bertransaksi semakin menikmati perjalanan di Sumbar.
 
Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas terlaksananya Sumbar Expo ini. Semoga kebaikan yang telah dilakukan ini mendapat balasan yang jauh lebih dari Allah SWT. Sehingga kita termotivasi untuk memberikan pelayanan yang baik guna mensejahterakan masyarakat. Tentunya segala kekurangan yang ada di Sumbar Expo tahun ini, kita perbaiki di tahun depan. ***

Penulis Adalah Gubernur Sumatera Barat


Komentar Pembaca
Partisipasi Masyarakat Lebih Tepat Menyelesaikan Masalah Caleg Koruptor
Profil Lisda Hendrajoni.

Profil Lisda Hendrajoni.

SELASA, 29 MEI 2018

Sekilas Tentang Weno Aulia Durin.

Sekilas Tentang Weno Aulia Durin.

SELASA, 24 APRIL 2018

Peran Pemuda Dalam Membangun Budaya Politik Cerdas
Alek Nagari

Alek Nagari

RABU, 08 NOVEMBER 2017

Islam Dan Kebangsaan Tuan Guru

Islam Dan Kebangsaan Tuan Guru

JUM'AT, 03 NOVEMBER 2017

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00