Disela-sela Penerimaan Berkas Syarat Dukungan Bapaslon Perseorangan, KPU Kota Padang Juga Lakukan Verifikasi Faktual Parpol

Kota Padang  SELASA, 28 NOVEMBER 2017 , 09:20:00 WIB | LAPORAN: PETRI SIKUMBANG

Disela-sela Penerimaan Berkas Syarat Dukungan Bapaslon Perseorangan, KPU Kota Padang Juga Lakukan Verifikasi Faktual Parpol

Net

RMOL. KPU Kota Padang menemukan 442 data keanggotaan terindikasi tidak memenuhi syarat (TMS) dan keanggotaan ganda eksternal pada 6 partai politik calon peserta pemilu 2019 yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Keenam partai itu adalah PBB, PIKA, Partai Republik, PKPI, Partai Idaman dan Parsindo. Data ini merupakan hasil penelitian dokumen kartu tanda anggota (KTA) dan kartu tanda penduduk (KTPe/Suket) dari 6 (enam) partai politik (Parpol) yang diserahkan ke KPU Padang hingga masa penutupan pendaftaran, 22 November 2017 lalu.

"Keenam parpol ini terindikasi ganda eksternal sebanyak 431, terindikasi pekerjaan (ASN, TNI, Polri) sebanyak 8 orang, dan terindikasi umur dibawah 17 tahun sebanyak 3 orang. Jadi total semua 442," ungkap Ketua Divisi Hukum KPU Kota Padang, Riki Eka Putra, di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor KPU Kota Padang, Senin (27/11).

Lebih lanjut ia mengatakan data ganda ini tengah diverifikasi keabsahan dan kebenarannya secara faktual ke lapangan oleh lima tim yang telah dibentuk KPU Kota Padang. Tim ini bekerja dari 27 sampai 30 November 2017. Setiap tim, beranggotakan 5 sampai 8 orang.

"Kegandaan eksternal ini, terjadi di ke-6 partai di 11 kecamatan yang ada di Kota Padang. Kegandaan terbanyak ditemukan di kecamatan Bungus Teluk Kabung yakni 227 orang," ujar Riki Eka Putra.

Kata Riki Eka Putra, ada enam penyebab data keanggotaan parpol yang diserahkan ke KPU tidak memenuhi syarat (TMS) sebagaimana diatur UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Yaitu, pengurus partai tidak boleh berasal dari unsur PNS, TNI dan Polri. Kemudian, usianya di bawah 17 tahun, ganda internal dan ganda eksternal.

Seperti diketahui, saat ini KPU Kota Padang juga melaksanakan penerimaan syarat dukungan pasangan calon perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Padang tahun 2018.

Oleh karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan secara bersamaan, Riki didampingi Yunes Perwira Darma (Kasubag Divisi Hukum KPU Kota Padang), meminta pegawai dan staf KPU Kota Padang harus memiliki kemampuan multi tasking untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu bersamaan. [pet]

Komentar Pembaca
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00