Sensasi Air Terjun Lumpo Dengan Tiga Kolam Pemandian

Pariwisata  KAMIS, 28 DESEMBER 2017 , 11:08:00 WIB

Sensasi Air Terjun Lumpo Dengan Tiga Kolam Pemandian
RMOL. Kabupaten Pesisir Selatan memang pantas dijuluki sebagai Negeri Sejuta Pesona. Daerah itu menyimpan segudang pemandangan alam yang indah dengan panorama memukau.

Tidak hanya Mandeh, Pantai Carocok, Jembata Aka tapi masih banyak keindahan alam di Pessel yang belum terekspos. Salah satunya adalah Air Terjun Lumpo yang terletak di Kenagarian Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai.

Untuk sampai ke Air Terjun Lumpo anda harus berjalan kaki sekitar 1,5 KM dari tempat parkir kendaraan. Anda melewati jalan setapak dengan akses yang sangat mudah. Karena jalan menuju lokasi telah dibuka dan dibersihkan oleh masyarakat dengan bergotong royong.

Di dekat air terjun terdapat sebuah kolam alami yang jadi tempat favorit para pengunjung untuk bermain air dan berenang. Aliran sungai yang jernih membiaskan cahaya matahari pagi melalui buih percikan air terjun yang terbawa air. Ada tiga kolam pemandian yang ditemukan disana dengan air yang jernih, bersih dan alami berpadu dengan alam yang masih asri.

Menurut Fadli Chaniago, tokoh pemuda Lumpo, masyarakat setempat bergotong royong untuk membuka akses menuju air terjun tersebut. Saban pekan, sekitar 600 warga melakukan gotong royong bersama. Tua, muda, laki-laki dan perempuan ikut terlibat membuka akses ke lokasi air terjun tersebut.

Gotong royong dilakukan setiap minggu. Ratusan masyarakat hadir dan bekerja sama untuk membuka jalan agar mudah pergi kesana. Alhamdulilah, masyarakat sangat antusias,”tutur Fadli Chaniago, tokoh pemuda Kenagarian Lumpo.

Fadli pun mempromosikan air terjun Lumpo tersebut dengan menjelaskan satu-persatu keindahan alam yang berada di sekitar lokasi air terjun.

Jadi sebelum ke lokasi air terjun, kita melewati tiga pemandian, Batu Biduk, Lubuk Panjang dan Lubuk Beringin,”jelas Fadli.

Dia dan masyarakat setempat berharap Air Terjun Lumpo dapat terekspos dan menjadi familiar. Sehingga objek wisata yang masih tersembunyi itu ramai dikunjungi para wisatawan.

Dari Kota Padang anda bisa melalui jalan raya Padang menuju Painan. Anda akan melewati simpang Salido. Dari situ, anda belok kiri dan tinggal mengikuti jalan utama hingga tiba di Kenagarian Limau Gadang Lumpo. (Jef)



Komentar Pembaca
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00