HUT Pasaman Barat Ke-14, Diwarnai Dengan Tampilan Pakaian Adat Dan Makan Bajamba.

Daerah  SENIN, 08 JANUARI 2018 , 01:23:00 WIB

HUT Pasaman Barat Ke-14, Diwarnai Dengan Tampilan Pakaian Adat Dan Makan Bajamba.
RMOL - Sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasaman Barat (Pasbar) ke I dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pasbar ke-14, dihiasi dengan pakaian adat dan makan bajamba.

Sidang paripurna itu dihadiri langsung oleh anggota DPRD, anggota DPD Emma Yohanna, Kepala Bappeda Sumbar Hansastri, Forkopimda, wali nagari se Pasbar, ninik mamak, bundo kandung, tokoh masyarakat dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Pasbar juga ikut hadir.

Ketua DPRD Kabupaten Pasbar H. Daliyus K dalam sambutannya mengatakan, Pasbar yang multi etnis yang terdiri dari suku  Mandailing, Minangkabau dan Jawa. Meski demikian kehidupan sosial di Pasbar selama ini berjalan harmonis.

"Keharmonisan itu juga yang menorehkan berbagai prestasi yang diraih oleh pemerintah di kancah nasional. Prestasi yang menonjol secara nasional antara lain pertama dalam sejarah Pasbar meraih WTP. Bidang kesehatan meraih Swasti Saba Wistara dan masih banyak yang lainnya," ujar Daliyus.

Selama tahun 2017 kata Daliyus, DPRD  bersama Pemkab Pasaman Barat telah berhasil melaksanakan Tupoksi masing masing dan saling kerjasama untuk kepentingan masyarakat Pasbar. Buktinya DPRD berhasil menetapkan 15 produk hukum Peraturan Daerah ( Perda ) untuk mengatur roda pemerintahan di Kabupaten Pasaman Barat.

Selain kerjasama dan kekompakan, tentu juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari seluruh lapisan komponen yang ada di tengah-tengah masyarakat, "tegasnya.

Perda yang dihasilkan itu lanjunya,  merupakan bagian dari koridor dan payung hukum berjalannya roda pemerintahan di Pasbar. Tanpa ada payung hukum tersebut, sudah dipastikan pelaksanaan pembangunan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat tidak akan berjalan sebagai mana yang diharapkan.

Ke 15 Perda tersebut adalah, Perda penyertaan modal Pemda Pasbar, pencegahan dan penangulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaan gelap Narkotikan dan zat adiktif lainya,

Kemudian Perda Penangung jawab sosial dang lingkungan hidup. Pembentukan produk hukum daerah, pembangunan dengan sistim tahun jamak, pemanfaatan penerimaan retribusi pelayanan kesehatan pada unit sarana kesehatan di lingkup Dinkes Pasbar.

Lalu Perda tentang Kabupaten layak anak, tentang hak keuangan serta administrasi pimpinan dan anggota DPRD Pasbar. Termasuk pula Perda tentang Trantibum, penangung jawaban anggaran pendapatan belanja daerah Pasbar tahun anggaran 2016, penetapan APBD pada perubahan 2017, pembentukan perseroan dan Perda tentang penetapan APBD pasbar tahun 2018.

Selain itu, masih ada Perda yang telah disahkan tapi masih dalam tahapan evaluasi Gubernur Sumbar diharapkan dalam waktu dekat akan disetujui sehingga menjadi Perda,"papar Daliyus.

Bupati Pasaman Barat H. Syahiran dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang telah diraih oleh Pasbar merupakan kerjasama semua pihak termasuk kekompakan antara DPRD dengan pemerintah daerah.

"Dukungan dari DPRD untuk selanjutnya sangat dibutuhkan untuk Pasbar. Agar Pasbar bisa keluar dari daerah tertinggal dalam kurun waktu satu tahun ke depan,"pinta Syahiran

Disamping itu prestasi demi prestasi yang diperoleh berkat kerjasama semua pihak. Bupati berharap di HUT ke 14 ini yang dimulai dengan pakaian adat dan makan bajamba semoga terus berlanjut.

"Kita membangun dengan perbedaan budaya demi Pasbar yang lebih baik,"tukas Syahiran.

Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kepala Bappeda Hansastri menyampaikan bahwa tiga kabupaten yang masih tertinggal di Provinsi Sumbar salah satunya Kabupaten Pasbar.

"Kendati demikian, Pasbar merupakan daerah tercepat keluar dari daerah tertinggal nantinya, jika dilihat dari indeks pembangunannya,"ucap Hansastri. (Ron/Jef)



Komentar Pembaca
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00