Tahun ini Pemkab Pasbar Kucurkan Bantuan Parpol 1,2 Miliar.

Kabupaten Agam  SELASA, 27 FEBRUARI 2018 , 12:24:00 WIB

Tahun ini Pemkab Pasbar Kucurkan Bantuan Parpol 1,2 Miliar.
RMOL. Tahun ini,Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akan mengucurkan  bantuan dana partai politik (parpol) sebesar Rp1.248.728.806.

" Setiap bantuan dana parpol berbeda-beda, tergantung jumlah suara yang sah setiap parpol. Namun untuk mendapatkan bantuan tersebut parpol  harus memenuhi beberapa persyaratan,"ujar Kepala Kesbangpol Pasbar Edi Murdani SH di ruang kerjanya,Selasa (27/2).

Dikatakanya, bantuan dana parpol ini akan disalurkan kepada partai politik yang memiliki kursi di DPRD Pasbar, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 7 Tahun 2014.

" Dimana, dana yang mereka terima, nantinya diperuntukkan kegiatan dan operasional partai politik, terlebih lagi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia-kader-kader partai,"ujar Edi.

Disamping itu, salah satu syarat parpol bisa menerima bantuan dana ini sambungnya, parpol tersebut harus sudah clear menyelesaikan administrasi yang direkomendasikan oleh BPK.

" Sebelum dicairkan dana tersebut parpol harus menyelesaikan terlebih dahulu pertanggung jawaban penggunaan dana parpol pada tahun sebelumnya," terang Mantan Kasatpol PP ini.

Untuk mekanisme pencairan dana bantuan parpol lanjutnya, pihak pengurus partai terlebih dahulu memasukkan proposal permohonan disertai lampiran dan SK Pengurus yang masih berlaku dan disahkan oleh Kemenkumham. Kemudian hasil permohonan itu dilanjutkan ke tim verifikasi.

" Untuk anggaran bantuan parpol Rp5.167,14 rupiah dikali total suara yang diperoleh parpol di DPRD," kata Edi.

Sementara untuk proposal permohonan pencairan dana, nantinya akan diverifikasi terlebih dahulu oleh KPU, Inspektorat, Kesbangpol dan pejabat berkompeten di Badan Pengelola Keuangan Daerah.

"Setelah pencairan, dana itu dapat digunakan oleh partai sesuai dengan aturan dan petunjuk penggunaan anggaran yang berlaku 60:40. Dimana penggunan 60 persen digunakan untuk kegiatan pembinaan politik bagi kader partai maupun masyarakat dan 40 persen untuk kebutuhan kantor seperti ATK dan lainya," imbuhnya.(ron/jef)


Komentar Pembaca
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00