Kodim Pariaman dan Coca Cola Gelar Aksi Bersih-bersih Pulau Angso Duo.

Pariwisata  RABU, 28 FEBRUARI 2018 , 19:30:00 WIB

Kodim Pariaman dan Coca Cola Gelar Aksi Bersih-bersih Pulau Angso Duo.
RMOL. Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman, Sumatera Barat bekerja sama dengan Coca Cola Amatil Central Sumatera Operation melakukan aksi bersih-bersih Pulau Angso Duo dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional.

"Kegiatan aksi bersih pulau ini ditujukan agar segala macam bentuk sampah yang ada di objek wisata itu dapat ditanggulangi untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata daerah," kata Komandan Kodim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah, di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan kerja sama tersebut juga melibatkan beberapa instansi seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pariaman, Kepolisian Resor Pariaman, Dinas Perikanan, Forum Komunitas Hijau Pariaman, pedagang dan masyarakat setempat.

Pihaknya menilai kerja sama semua instansi tersebut merupakan upaya dalam mendukung dan mendorong terwujudnya visi misi Kota Pariaman menjadikan daerah tujuan wisata berbasis lingkungan, ekonomi kreatif, agama dan budaya.

Asisten II Kota Pariaman Yaminurizal mengatakan aksi bersih-bersih pulau tersebut untuk memicu dan mendorong kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan terutama di tempat objek wisata.

Pihaknya berpendapat apabila Pulau Angso Duo sudah bersih dan bebas dari sampah, maka objek wisata lainnya akan meniru sehingga kunjungan pariwisata semakin meningkat.

"Pulau Angso Duo merupakan salah satu ikon wisata Pariaman sehingga harus bisa menjadi contoh dari objek wisata lain baik yang dikelola pemerintah maupun masyarakat," kata dia.

Selain menempatkan beberapa orang petugas kebersihan pulau, pemerintah daerah juga berencana membuat program kebersihan khusus bagi pengunjung.

Nantinya setiap pengunjung ke tempat objek wisata pulau diberikan kantong plastik sehingga sisa makanan dan minuman tersebut dapat disimpan.

"Tujuannya agar menciptakan rasa malu dan kemandirian dari pengunjung itu sendiri sehingga tidak membuang sampah sembarangan lagi," kata dia.

Sementara itu General Manager Central Sumatera Operation Coca Cola Amatil Cut Emira Fadila mengatakan kegiatan aksi bersih pulau tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam menyelamatkan lingkungan.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama kali di 2018, namun aksi seperti ini akan terus dilakukan di sejumlah daerah secara berkala," kata dia.

Selain melakukan aksi bersih-bersih pulau, pihaknya juga menyediakan 20 bak sampah, dan 50 bibit aneka tumbuhan yang ditanam langsung di pulau tersebut.(antara)

Komentar Pembaca
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00