Pengurus Badko Akui Politisi Pengkaderan LK III Badko HMI Sumbar

Nusantara  SABTU, 30 JUNI 2018 , 15:43:00 WIB

Pengurus Badko Akui Politisi Pengkaderan LK III Badko HMI Sumbar

Wendi Juli Putra/Net

RMOL. Pelaksanaan mekanisme pengkaderan Latihan Kader III (Advance Training) Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sumatera Barat (Sumbar) kembali mendapatkan protes. Protes kali ini langsung datang dari pengurus Badko HMI Sumbar periode 2016-2018.

Wendi Juli Putra selaku Sekretaris Umum (Sekum) Badko HMI Sumbar Periode 2016-2018, mengatakan kepada RMOL Sumbar tidak mengetahui tentang SK panitia penyelenggara LK III itu. Orang nomor dua di Badko HMI Sumbar ini kecewa dengan mekanisme pelaksanaan LK III yang terkesan di tutup-tutupi dari sebagian besar pengurus.

"Saya selaku sekum Badko belum mendapatkan informasi tentang SK panitia maupun tim pengelola LK III, yang seharusnya SK dan semua administrasi penyelenggaraan LK III harus sepengetahuan saya" ujar Wendi.

Wendi juga sangat menyayangkan perlakuan penyelenggara seolah menghalangi kader HMI se-Sumbar yang ingin berproses di LK III.

"Mereka yang tidak diluluskan itu adalah beberapa Ketua Umum HMI Cabang, Master Of Training dan pengurus Badko sendiri, jadi kita merasa ini kelakuan terlalu berlebihan kepada kader," kata Wendi.

Sekum Badko, juga menyatakan pihaknya mendukung penyelengaraan LK III ini, namun harus sesuai dengan mekanisme pengkaderan dan mekanisme organisasi.

"Kami bukan ingin menghalangi pengkaderan di Badko HMI Sumbar, tapi dalam hal berorganisasi ada etika dan mekanisme organisasi yang harus di pedomani. Sebagai kaum yang intelektual seharusnya mematuhi apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama" tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Hukum dan HAM Badko HMI Sumbar, Rahmat Ramli, membenarkan pemberitaan tentang politisi pengkaderan LK III Badko HMI Sumbar itu.

Rahmat memandang penyelenggaraan LK III ini melanggar hak azazi kader HMI se-Sumbar, dilihat dari mekanisme yang jauh dari pedoman pengkaderan yang menguntungkan sebelah pihak.

"Mempolitisi pengkaderan LK III merupakan perbuatan yang menciderai hak azazi kader HMI se-Sumbar, ini akan berdampak pada kelanjutan pengkaderan HMI di Sumbar itu sendiri," pungkasnya. [***]



Komentar Pembaca
Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00