Dato Tan Sri Akan Hadir Dalam Pertemuan Perantau Minang Sedunia.

Budaya  SELASA, 24 JULI 2018 , 22:40:00 WIB

Dato Tan Sri Akan Hadir Dalam Pertemuan Perantau Minang Sedunia.
RMOL. Pengurus Jaringan Perantau Minang Dunia (Minang Diaspora Network-Global/MDN-G) hadiri pengukuhan Pertubuhan Jaringan Masyarakat Minangkabau Malaysia (JM3). Yang merupakan organisasi perantau Minang yang menghimpun puluhan organisasi Minang dari berbagai nagari yang terdapat di semua negara bagian di Malaysia, di Rumah Makan Setia Menanti, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (21/7).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Eksekutif Minang Diaspora Network-Global Burmalis Ilyas, deputi presiden MDN-G Masykur Chaniago Datuk Parpatih Nan Sabatang, Vice Secretary Doni Harsiva Yandra dan Executive ecretary Vasko Dagama

JM3 dikukuhkan oleh Tan Sri Dato' Seri Utama DR. Rais Yatim selaku Ketua Dewan Penasehat JM3, yang juga Ketua Dewan Penasehat Minang Diaspora Network Global.

JM3 yang dikukuhkan itu dipimpin oleh Prof. DR. Firdaus Abdullah, tokoh Minang yang pernah menjadi anggota parlemen Kerajaan Malaysia. Prof. DR. Firdaus Abdullah dibantu oleh tim yang sangat solid, diantaranya Dirwan Ahmad Darwis, Syahrial, Wahdi, Haswin Darwis, Mohammad Yani dan toloh Minang lainnya.

Dalam sambutannya, Tan Sri berharap Jaringan ini dapat memperkuat silaturrahmi sesama perantau Minang di Malaysia. Tan Sri juga mengajak semua perantau Minang yang ada di Malaysia untuk membangun sebuah Rumah Gadang (Minang House) di Kuala Lumpur. "Untuk tempat berkumpulnya perantau Minang Malaysia," ujarnya.

Tan Sri juga mengajak semua perantau Minang untuk selalu melestarikan adat dan budaya serta membudayakan/membiasakan berbahasa Minang di kalangan keluarga dimanapun berada. "Ini sebagai upaya mempertahankan karakter Minang," tegasnya.

Tan Sri Dato Seri Utama DR. Rais Yatim mengapresiasi dibentuknya Jaringan Perantau Minang Dunia atau Minang Diaspora Network Global, dan Insya Allah akan menghadiri pertemuan pertama Jaringan Perantau Minang Dunia yang akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2018 di Deakin University Melbourne, Australia.

"Insya Allah selaku Ketua Dewan Penasehat Jaringan Perantau Minang Dunia (JPMD) Tan Sri akan hadir dalam acara tersebut, dan akan berbicara tentang isu-isu adat dan budaya Minangkabau yang harus dilestarikan," sebut Burmalis Ilyas kepada media ini, Selasa (24/7-2018).

Ditambahkan Burmalis, Tan Sri juga mengharapkan Jaringan Perantau Minang Dunia (JPMD/MDN-G) sebagai alat untuk saling menguatkan, membesarkan semua potensi urang Minang dimanapun berada, di semua sektor/lini kehidupan, baik ekonomi/bisnis, pendidikan, dan dapat berkontribusi untuk memajukan kampung halaman, Ranah Minang.

Tan Sri Rais Yatim mengundang Burmalis Ilyas dan rombongan ke rumahnya yang berarsitektur Rumah Bagonjong ciri khas Minangkabau.

"Rumah beliau (Tan Sri) dengan atap bergonjong tersebut menunjukkan kecintaan dan kebanggaan beliau sebagai orang Minang. Mudah-mudahan hal ini bisa diikuti oleh tokoh-tokoh Minang lainnya, yang banyak sukses di rantau orang," harapnya.(jef)


Komentar Pembaca
Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 21:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00