Kunjungi Kabupaten Badung, Peserta Diklat PIM Sumbar Dapat Pelajaran Berharga.

Kabupaten Agam  KAMIS, 26 JULI 2018 , 06:34:00 WIB

Kunjungi Kabupaten Badung, Peserta Diklat PIM Sumbar Dapat Pelajaran Berharga.
RMOL. Wisatawan mengunjungi Pulau Bali mencapai 30 juta orang pertahun. Mobilitas penduduk yang begitu tinggi menimbulkan masalah demografi dan kesehatan yang cukup serius. Seperti penyebaran virus HIV dan AIDS.

Hal itu dikemukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Badung, dr. I Gede Putra Sutedja. Dia mengaku semula agak kesulitan karena besarnya jumlah wisatawan asing yang diduga sebagai pembawa virus tersebut.

"Namun, kami tidak patah arang, berangsur kami identifikasi, lalu inovasi yang kami lakukan memeriksa setiap ibu hamil di Badung, apakah virus itu ada, kalau ada segera kami obati," ucap Gede Putra kepada peserta Diklat PIM III Sumbar yang tengah mengikuti benchmarking (BM) ke Kabupaten Badung, Bali.


Salah satu persoalan itu terkait prevalensi penyakit menular seperti HIV/AIDS. Untuk itu, Dinkes Badung melakukan upaya preventif agar Badung bebas dari virus mematikan itu.

Menurutnya, setiap penyakit perlu diobati, HIV/AIDS sama dengan penyakit lain, perlu ditangani dengan baik, perlu advokasi dan penyadaran baik penderita maupun lingkungan.

Inovasi lain yang dilakukan, seluruh desa sudah memiliki mobil ambulans disinergikan dengan  layanan gawat darurat disetiap Puskesmas yang buka 24 jam.

Salah satu inovasi yang menjadi percontohan nasional yang melambungkam nama Badung adalah terkait dengan cegah dini kanker serviks dan payudara, dengan menyediakan mobil pemeriksaan gratis yang menyasar seluruh pelosok di kabupaten berpenduduk 360 ribu jiwa itu.

Lalu, Kartu Badung Sehat yang memberikan jaminan menyeluruh bagi pelayanan kesehatan warga, disamping itu Pemda juga memberikan perhatian ekstra kepada penunggu pasien dengan bantuan Rp200 ribu/ hari maksimal Rp5 juta.

Bahkan usia harapan hidup masyarakat Badung yang mencapai 74 tahun, bagi yang tidak memiliki jaminan hari tua/pensiun diberikan santunan Rp500 ribu/bulan, mulai usia 72 tahun.



Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00