Bawa Ganja Puluhan Kilo, Kurir Dibekuk Polres Pasbar

Daerah  SABTU, 13 OKTOBER 2018 , 21:25:00 WIB

Bawa Ganja Puluhan Kilo, Kurir Dibekuk Polres Pasbar
RMOL. Jajaran Satuan Narkoba Polres Pasaman Barat (Pasbar) berhasil meringkus kurir narkoba jenis ganja berinisial  B (23) di Jorong Tinggam, Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau, sekitar pukul 16.45 Wib, Jumat (12/10) kemaren.

" Pelaku seorang wanita,warga Desa Pardomuan, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Madina, Sumatera Utara," ungkap Kapolres Pasbar AKBP Iman Pribadi Santoso, S.I.K didampingi Kepala Satuan Narkoba, AKP. Alexy Aubedillah kepada wartawan saat jumpa pers, Sabtu (13/10 ).

Dikatakan Kapolres, sebanyak delapan paket besar ganja kering yang dibalut dengan lakban kuning dengan berat delapan  kilogram dengan nilai Rp. 14.400.000. Paket tersebut di bungkus dengan karung merk segitiga hijau yang di isi beras seberat 20 Kilogram dengan dilapisi satu helai kain merk Happy Day.

"Pelaku diamankan pertama kali di jorong Tinggam, Kenagarian Sinuruik, Kecamatan Talamau, ketika hendak mengantarkan paket itu ke bandar narkoba dengan menggunakan ojek yang dia pesan," terangnya,

Dalam proses penangkapan lanjutnya, pihaknya sempat kewalahan dan merazia semua pengendara motor yang lewat untuk digeledah. Lantaran pihaknya berpedoman pada ciri-ciri pelaku yang kami terima dari masyarakat.

"Dalam proses pengeledahan,kita curiga terhadap karung beras yang dibawa pelaku, maka kita geledah dan hasilnya ditemukan delapan paket ganja tersusun rapi didalam karung tersebut," paparnya.

Dari pengakuan pelaku sambung Kapolres, ganja kering ini dibawa dari Panyabungan melalui pesanan dari bandar narkoba di  Pasbar. Pelaku mengaku baru pertama kali bekerja sebagai kurir ganja.

Namun bagi pihak kepolisian pelaku merupakan kurir yang profesional dan sudah beberapa kali mengantarkan narkoba yang dipesan bandar.Menurut informasi yang kita terima, pelaku baru-baru ini mengantarkan barang haram tersebut ke Kota Padang Panjang sebanyak 20 Kilogram.

"Dalam proses penyidikan dan pengembangan kasus ini, pelaku dan barang bukti telah diamankan di Mako Polres Pasbar,"tegasnya

Atas perbuatan pelaku,maka pelaku bisa dijerat  Pasal 115 ayat (2) Jo 114 ayat (2) Jo Pasal 111 ayat (2), Undang Undang Negara RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan hukuman  penjara seumur hidup, penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar rupiah.

Selain itu Kapolres juga memberikan apresiasi atas kinerja Jajaran Satuan Narkoba dibawah Komonda AKP Alexi Aubedillah yang berhasil membongkar jaringan sindikat narkoba di tanah sawit ini.

"Namun semua itu tidak terlepas dari peran masyarakat yang telah memberikan informasi kepada pihak kepolisian.Narkoba harus dibumi hanguskan di tanah mekar ini,sebab narkoba bisa merusak generasi bangsa," ucapnya mengakiri.(ron)



Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

PDIP Turun Tangan Bantu Ahok

RABU, 10 MEI 2017 , 19:03:00

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

Catatan Harian Gubernur Sumatera Barat

JUM'AT, 25 AGUSTUS 2017 , 13:30:00

Peluang Investasi Sumatera Barat

Peluang Investasi Sumatera Barat

SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 16:03:00